MENURUT Prajudi
Atmosudirdjo, arti kerja adalah pengarahan tenaga (mental, skills, kekuatan dan
jasmaniah) untuk menciptakan atau mewujudkan sesuatu yang sebelumnya sudah
merupakan suatu rencana atau objective.
A.Pengertian
Pekerjaan Kantor
George Terry
merumuskan pengertian pekerjaan perkantoran itu sebagai berikut: “Pekerjaan
perkantoran meliputi penyampaian keterangan secara lisan dan pembuatan
warkat-warkat tertulis dan laporan-laporan sebagai cara untuk meringkas banyak
hal dengan cepat guna menyediakan suatu landasan fakta bagi tindakan kontrol
dari pimpinan”.
William Leffingwell
dan Edwin Robinson menerangkan bahwa “Pekerjaan perkantoran berkenaan dengan
warkat-warkat dari badan usaha-pembuat warkat-warkat, pemakaian warkat dan
pemeliharaannya guna dipakai untuk mencari keterangan dikemudian hari. Warkat
ini mungkin merupakan sejarah dari pelaksanaan urusan-urusan badan usaha itu
sebagaimana digambarkan oleh daftar-daftar perhitungan, surat-menyurat, surat
perjanjian, surat pesanan, laporan dan segala macam nota yang tertulis dan
tercetak”.
B.FUNSI PEKERJAAN
KANTOR
Funsi pekerjaan
kantor secara garis besar adalah untuk memberikan informasi ,dalam hal ini
informasi tersebut dapat berupa surat ,panggilan telepon,dan laporan berbagai
kegiatan bisnis di suatu kantor.Adapun fungsi pekerjaan kantor :
·
Menerima
Informasi
·
Mengolah
Informasi
·
Menyimpan
Informasi
·
Melindungi
Informasi
·
Memberikan
Informasi
C.MACAM-MACAM
PEKERJAAN KANTOR
Ada dua pekerjaan
kantor,yaitu :
1. Pekerjaan kantor
yang bersifat ketatausahaan adalah pekerjaan kantor yang berhubungan langsung
dengan tulis-menulis ,seperti :
·
Pengurusan
atau penanganan surat masuk dan surat keluar
·
Penyimpanan
surat (kearsipan)
·
Pengetikan
·
Pengurusan
kepegawaian
·
Penguruan
keuangan
·
Pengurusan
perlengkapan
·
Penggandaan
·
Pembuatan
laporan
2. Pekerjaan kantor
yang tidak bersifat ketatausahaan adalah pekerjaan kantor yang tidak
berhubungan dengan tulis-menulis,seperti :
·
Menelepon
·
Menerima
tamu
·
memelihara
Gedung kantor
Menurut Leffingwell
dan Robinson, pekerjaan kantor terdiri dari kegiatan-kegiatan berikut :
a)
Menerima pesanan-pesanan, mengantarkan dan mengirimkannya dengan kapal.
b)
Membuat rekening.
c)
Surat-menyurat, mendikte, mengetik.
d)
Menyimpan warkat.
e)
Menyampaikan hutang dan mengumpulkan perhitungan-perhitingan yang belum
diselesaikan.
f)
Mengurus, membagi-bagi dan mengirimkan surat-surat pos.
g)
Pekerjaan memperbanyak warkat dan membubuhkan alamat.
h)
Macam-macam pekerjaan seperti menelepon, menerima tamu, pekerjaan pesuruh.
i)
Tugas-tugas khusus dengan maksud untuk menyederhanakan sistem, menghapuskan
pekerjaan yang tidak perlu.
j)
Membuat warkat-warkat, mencatat data yang diinginkan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar