PENGERTIAN KORESPONDENSI
1)
Pengertian dan Fungsi Surat
Surat
adalah suatusarana untuk menyampaikan informasi secara tertulis dari pihak yang
satu kepada pihak lain. Informasi dalam surat dapat berupa pemberitahuan,
pernyataan, permintaan, laporan, pemikiran, sanggahan dan sebagainya.
Agar komunikasi melalui surat dinilai
efektif, maka isi atau maksud surat harus terang dan jelas, serta tidak menimbulkan
salh arti pada pihak penerima.
2)
Tujuan Menulis Surat
Tujuan menulis surat secara garis besar dapat
diklasifikasikan menjadi tiga macam, yaitu:
a.
Menyampaikan informasi kepada pembaca surat
b.
Mendapatkan tanggapan dari pembaca surat tentang isi surat
c.
Ingin mendapatkan tanggapan dan menyampaikan informasi kepada
pembaca surat
3)
Korespondensi
Korespondensi searti dengan surat menyurat. Korespondensi adalah suatu
kegiatan atau hubungan yang dilakukan secara terus-menerus antara dua pihak
yang dilakukan dengan saling berkiriman surat.
Korespondensi dalam suatu kantor, organisasi atau instansi dibagi menjadi
dua, yaitu:
a.
Korespondensi Eksteren
Hubungan surat menyurat yang dilakukan oleh kantor atau
bagian-bagiannya dengan pihak luar
b.
Korespondensi Intern
Hubungan surat
menyurat yang dlakukan oleh orang-orang dalam suatu kantor, termasuk hubungan
antara kantor pusat dengan kantor cabang.
4)
Koresponden
Koresponden adalah orang yang berhak atau mempunyai wewenang
menandatangani surat, baik atas nama perorangan maupun kantor atau organisasi.
5)
Fungsi Surat
Fungsi Surat dalam suatu organisasi antara lain:
a.
Surat sebagai media komunikasi
b.
Surat sebagai barometer
c.
Surat sebagai bukti tertulis
Tidak ada komentar:
Posting Komentar